Sunday, January 22, 2017

Strategi Pembelajaran Aktif: Reading Guide (Penuntun Bacaan)

strategi pembelajaran aktif reading guide penuntun bacaanDalam beberapa kesempatan,  sering kita dapati kejadian saat materi tidak dapat diselesaikan hanya di dalam kelas, namun harus diselesaikan di luar kelas. Hal ini dikarenakan banyaknya materi ajar yang harus disampaikan seorang guru/dosen. Dalam keadaan seperti inilah,  strategi pembelajaran reading guide (panduan membaca) ini dapat guru/dosen gunakan secara optimal. [1]

Dari yang telah disebutkan Hisyam Zaini (2007:8) diatas penulis menyimpulkan bahwa sama halnya dengan strategi pembelajaran teks acak, strategi pembelajaran reading guide ini juga cocok untuk mata pelajaran/mata kuliah yang memiliki bahan bacaan yang relatif lebih banyak seperti sejarah peradaban islam atau yang lainnya. Dengan memberikan poin-poin panduan bacaan, siswa akan lebih memperhatikan materi yang disampaikan sesuai dengan unrutan poin yang di berikan. Selain itu, siswa juga akan memfokuskan diri untuk menangkap inti dari penjelasan per-poin dan dapat menjelaskan ulang materi per-poin pula.

Langkah-langkah Strategi Pembelajaran Reading Guide (Penuntun Bacaan)[2]
  • Tentukan teks bacaan yang akan siswa dipelajari,
  • Buatlah pertanyaan-pertanyaan yang nantinya akan dijawab oleh siswa/mahasiswa atau anda juga bisa memberikan kisi-kisi dan bisa juga berikan siswa/mahasiswa bagan atau skema yang dapat mereka isi dari teks bacaan yang telah dipilihnya tadi,
  • Bagikan teks/bahan bacaan dengan pertanyaan ataupun kisi-kisinya kepada siswa/mahasiswa,
  • Tugaskan siswa/mahasiswa anda untuk mempelelajari teks/bahan bacaan dengan menggunakan pertanyaan ataupun kisi-kisi yang mereka terima. Batasi kegiatan ini agar tidak memakan waktu yang berlebihan,
  • Bahas pertanyaan ataupun kisi-kisi tersebut dengan cara menanyakan jawaban atas pertanyaan kepada siswa/mahasiswa, atau tanggapan mereka terhadap kisi-kisi yang diberikan,
  • Di akhir pembelajaran/perkuliahan berikan ulasan secukupnya dan sampaikan apa pelajaran yang telah mereka dapatkan di pertemuan tersebut.

Selain dapat berupa pertanyaan, strategi reading guide atau panduan membaca ini juga dapat anda buat dengan bentuk seperti berikut ini:
Topik I: ..................................................................
              A.      .................................................................
              B.      .................................................................
              C.      .................................................................
                     1.       ..........................................................
                            a.       …………………………………
                     2.       ..........................................................
                     3.       ..........................................................
Topic II: .................................................................
              A.      .................................................................
              B.      .................................................................
                     1.       ..........................................................
                     2.       ..........................................................
                            a.       ………………………………...
                            b.      …………………………………
                                  1)      ……………………….........
                                  2)      ………………………….....
              D.      .................................................................
              E.       .................................................................
Strategi pembelajaran aktif reading guide ini penulis ambil dari buku karangan Hisyam Zaini yang ditulis bersama Bermawy Munthe dan Sekar Ayu Aryani yang berjudul Strategi Pembelajaran Aktif di Perguruan Tinggi. Untuk membaca 42 strategi lainnya yang ditulis di dalam buku ini seperti strategi pembelajaran critical incident, strategi pembelajaran prediction guide dan seterusnya, anda bisa buka melalui link ini.

Sekian yang bisa Kumpulan Makalah sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf.. Wassalam..





[1] Hisyam Zaini, Bermawy Munthe dan Sekar Ayu Aryani. 2007. STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DI PERGURUAN TINGGI. (Yogyakarta: CTSD) hal. 8
[2] Ibid

0 comments:

Post a Comment

Featured Post

Strategi Pembelajaran Aktif: Prediksi Kawan

Untuk setiap mata pelajaran atau mata kuliah yang sering menuntut untuk kerjasama kelompok dalam tugas, team building sangat perlu dibangu...