Strategi Pembelajaran Aktif: Prediction Guide (Tebak Isi)

Strategi Pembelajaran Prediction Guide adalah strategi yang digunakan untuk melibatkan siswa/mahasiswa di dalam proses pembelajaran secara aktif dari awal hingga akhir pembelajaran. dengan menggunakan strategi ini siswa/mahasiswa diharapkan dapat terlibat dalam proses pembelajaran atau perkuliahan sejak awal pertemuan dan tetap memiliki perhatian ketika guru/dosen menyampaikan materi pembelajaran. selama penyampaian materi, siswa/mahasiswa dituntut untuk mencocokkan  dari hasil prediksi mereka dengan materi yang disampaikan oleh guru/dosen.

Langkah-langkah Penggunaan Strategi Pembelajaran Aktif Prediction Guide (Tebak Isi)

  • Tentukan terlebih dahulu topik apa yang akan anda sampaikan
  • Bagilah siswa/mahasiswa ke dalam kelompok-kelompok kecil
  • Guru/dosen meminta siswa/mahasiswa untuk menebak apa sajakah yang akan mereka dapatkan dalam perkuliahan tersebut.
  • Siswa/mahasiswa diminta untuk membuat daftar perkiraan di dalam kelompok kecil mereka.
  • sampaikan materi pembelajaran/perkuliahan secara interaktif
  • Selama proses pembelajaran, siswa/mahasiswa diminta untuk mengidentifikasi perkiraan atau prediksi mereka yang sesuai dengan materi yang telah anda sampaikan
  • Di akhir pembelajaran/perkuliahan, tanyakan beberapa prediksi mereka yang mengena
Strategi ini dapat digunakan untuk semua mata pelajaran atau mata kuliah yang tidak bersifat aplikatif, seperti ilmu eksakta. Dengan strategi ini kelas akan lebih dinamis, terlebih jika anda mengadakan kompetisi antar kelompok kecil tersebut, seperti mencari kelompok mana yang prediksinya lebih banyak yang sesuai dengan materi yang anda sampaikan.

Strategi ini saya ambil dari buku STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DI PERGURUAN TINGGI karangan Hisyam Zaini, Bermawy Munthe dan Sekar Ayu Aryani. untuk membaca strategi pembelajaran Critical Incident, strategi pembelajaran Teks Acak dan yang lainnya silakan cek disini

Terimakasih telah berkunjung di Blog Kumpulan Makalah S1.. happy blogging guys.. ^^


Daftar Pustaka:

Zaini,Hisyam, Bermawy Munthe dan Sekar Ayu Aryani. 2007. STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DI PERGURUAN TINGGI. Yogyakarta: CTSD


Previous Post Next Post