Strategi Pembelajaran Aktif: Teks Acak

strategi pembelajaran teks acakStrategi pembelajaran aktif teks acak sangat baik apabila digunakan untuk mata pelajaran atau mata kuliah bahasa. Meskipun begitu, strategi pembelajaran teks acak ini juga bisa anda gunakan untuk mata pelajaran/mata kuliah yang lain.[1]

Saya pribadi pernah menggunakan strategi pembelajaran teks acak untuk mata pelajaran non-bahasa. Strategi ini saya gunakan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan materi Sejarah Kebudayaan Islam yang tentu banyak bacaan yang mesti disampaikan pada peserta didik. Jika siswa hanya mendengarkan itu akan membuat mereka cepat bosan dalam mengikuti pelajaran kita, dengan menggunakan strategi ini siswa akan lebih mencermati bacaan dan membuat kelas lebih interaktif.

Strategi ini saya ambil dari buku yang berjudul Strategi Pembelajaran Aktif di Perguruan Tinggi, namun bukan berarti hanya dapat digunakan di perguruan tinggi saja. Anda dapat mencobanya di tingkat SLTA ataupun SLTP untuk menjadikan kelas lebih interaktif. Untuk sekolah dengan kurikulum 2013 (KURTILAS) tentu strategi-strategi yang diberikan buku ini sangat membantu anda. Ada 42 strategi yang ditulis oleh Hisyam Zaini, dkk dalam buku ini seperti strategipembelajaran critical incident, strategi pembelajaran prediction guide dan seterusnya. Untuk membaca keseluruhan strategi dalam buku ini silahkan ke sini.

Langkah-langkah Penggunaan Strategi Pembelajaran Aktif Teks Acak[2]
  1.  Pilihlah bacaan yang akan anda disampaikan
  2.  Potong teks bacaan menjadi beberapa bagian. Potongan teks bisa dilakukan per-kalimat maupun per-paragraf,
  3.  Bagi siswa/mahasiswa menjadi beberapa kelompok,
  4.  Berikan teks bacaan utuh yang sudah dipotong-potong kepada setiap kelompok,
  5.  Siswa/mahasiswa diminta untuk menyusun bacaan sehingga dapat dibaca secara beurutan
  6.  Pelajari teks bacaan bersama siswa/mahasiswa, dengan cara yang anda inginkan.*

*Di poin terakhir ini maksudnya anda meminta siswa untuk menjelaskan isi teks bacaan, anda sebagai guru harus meluruskan pemahaman mereka serta menambahkan penjelasan siswa tersebut.

Ada baiknya sebelum anda memulai pembelajaran lakukanlah ice breaking agar siswa anda dapat mengikuti pembelajaran tanpa terbebani dengan pelajaran yang ia dapatkan di jam perlajaran sebelumnya.

Demikian strategi pembelajaran aktif teks acak yang bisa saya sampaikan di blog kumpulan makalah ini, semoga bermanfaat..^^

Terimakasih sudah berkunjung..



[1] Hisyam Zaini, Bermawy Munthe dan Sekar Ayu Aryani. 2007. STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DI PERGURUAN TINGGI. (Yogyakarta: CTSD) hal. 6
[2] Ibid
Previous Post Next Post