Strategi Pembelajaran Aktif: Prediksi Kawan

strategi pembelajaran aktif menebak kawanUntuk setiap mata pelajaran atau mata kuliah yang sering menuntut untuk kerjasama kelompok dalam tugas, team building sangat perlu dibangun semenjak awal pertemuan perkuliahan. Hal ini dimaksudkan agar siswa/mahasiswa dapat mengenali teman-temannya lebih awal pula sehingga pada setiap petemuan perkuliahan mereka dapat bekerjasama dalam diskusi kelompok. Strategi pembelajaran menebak kawan merupakan salah satu cara yang lebih baik untuk membantu siswa/mahasiswa mengenal anggota kelompok satu sama lain. Strategi ini pun dapat menjadi sebuah experimen yang menarik pada pertemuan pertama untuk suatu perkuliahan.

Langkah-langkah Strategi Pembelajaran Mengenal Kawan[1]
      
      1.       Bentuklah kelompok-kelompok kecil, 3 hingga 4 orang ( usahakan siswa/mahasiswa yang belum         mengenal satu sama lain)
      2.       Jelaskan pada siswa/mahasiswa anda bahwa tugas mereka ialah menebak jawaban apa yang akan       diberikan oleh kawannya apabila dia menanyakan pertanyaan yang telah anda atau siswa siapkan.       adapun beberapa contoh pertanyaan yang dapat ditanyakan;
a.       Bacaan apa yang kamu suka?,
b.      Jenis musik apa yang kamu suka?,
c.       Berapa jam biasanya kamu membaca setiap hari?,
d.      Pelajaran apa yang kamu suka?,  
e.      Apa cita-citamu?,
f.        Dimana kamu lahir?,
g.        Apa acara televisi yang paling kamu suka?,
h.      Dimana kamu dahulu sekolah?,
i.         Dll yang dapat anda atau siswa tambahkan dan diganti.
      3.       Minta setiap kelompok untuk memulai diskusi dengan memilih salah seorang diantara mereka             untuk menjadi "subyek". Sarankan kepada setiap anggota kelompok untuk menuliskan prediksi          mereka secara lebih spesifik dan detail tentang "subyek" tersebut. Setelah itu, Sampaikanlah                bahwa mereka tidak perlu merasa takut untuk menuliskan prediksi yang dirasa tidak sesuai/aneh.         Ketika siswa membuat dugaan jawaban mereka, mintalah sang "subyek" untuk memberi indikasi         jawaban yang tidak benar. Ketika semua siswa telah selesai menuliskan prediksi mereka, sang             "subyek" diharuskan menjawab setiap pertanyaan yang ditujukan padanya.

      4.       Proses pada nomor 3 ini dilanjutkan dengan kelompok yang lain hingga selesai.

 Catatan:
    1.       Buatlah beberapa pertanyaan yang mengharuskan siswa/mahasiswa untuk menebak pemikiran,            pandangan, atau kepercayaan daripada menanyakan hal-hal yang bersifat factual.
    2.       Batasi jumlah prediksi. Minta siswa/mahasiswa, satu per-satu, untuk menjawab pertanyaan yang         diajukan secara langsung. Diakhir pembelajaran, minta anggota grup untuk menyatakan apa yang        tidak dapat mereka duga dari kawannya sebagai subjek, berdasarkan pada pertemuan sebelumnya.



Untuk membaca semua strategi yang ditulis dalam buku ini, seperti strategi pembelajaran prediction guide, strategi pembelajaran group resume, strategi pembelajaran reading guide, strategi pembelajaran teks acak dan seterusnya, anda dapat membacanya di link ini

Semoga bermanfaat, terimakasih telah berkunjung di blog kumpulan makalah.. ^^


[1] Hisyam Zaini, Bermawy Munthe dan Sekar Ayu Aryani. 2007. STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DI PERGURUAN TINGGI. (Yogyakarta: CTSD) hal. 13
Previous Post Next Post